A+ A-

Memiliki Blog tentu menjadi kesibukan tersendiri bagi pemiliknya, tentunya Blog yang dirawat dan diupdate setiap harinya akan menambah ramai pengunjung Blog setiap harinya.
Namun beberapa para Blogger sering bingung bagaimana untuk mengoptimalkan Blog. Nah pada kesempatan kali ini mudahsaja akan share tips optimalisasi Blog yang sering sobat abaikan atau tidak disadari.
  1. Usahakan memiliki satu Blog dulu, biasanya para Blogger sering memilih untuk membuat beberapa Blog dengan Niche atau topik yang berbeda-beda, sebagai contoh Blog A dengan Topik Kesehatan, dan Blog B dengan topik Gaya Hidup. Hal tersebut sebenarnya tidak salah, namun memiliki Blog lebih dari satu akan memunculkan ketimpangan antara Blog A dan Blog B. Karena meskipun awalnya memiliki niat untuk mengelola kedua Blog secara seimbang, namun pada kenyataannya akan ada Blog yang cenderung diupdate dan ada Blog yang kurang diupdate. Jadi pada kesimpulannya lebih baik membuat satu Blog sebagai contoh dengan topik kesehatan dan gaya hidup daripada membuat dua Blog dengan topik berbeda.
  2. Buat desain kemudahan Navigasi pada Blog, navigasi Blog sangatlah perlu diperhatikan dalam desain tampilan Blog, karena dengan navigasi yang lengkap dan jelas memungkinkan pengunjung untuk dapat mengunjungi atau beralih dari artikel yang satu ke artikel lainnya dengan mudah.
  3. Hilangkan dulu pemikiran tentang SEO dan Site Rank, ini yang sering menjadi kesalahan yang kurang disadari, karena sering memikirkan tentang SEO dan Site Rank maka artikel atau postingan pun jadi jarang diperbaharui. Padahal orang mengunjungi Blog adalah dengan alasan kebutuhan yang dicari melaui artikel yang diposting bukan melalui SEO atau Site Rank.
  4. Daftarkan Blog pada Webmaster, para Blogger tentunya sudah mengetahui pada point ini, Webmaster berfungi agar Blog dapat dikenali dan terindex oleh Search Engine Google dan Search Engine lainnya.
  5. Tanggapi komentar pengunjung dengan baik, hal ini memang sering diabaikan oleh beberapa Blogger, Karena pengunjung yang mendapat tanggapan dengan baik akan membuat mereka tertarik untuk mengunjungi Blog sobat kembali.
Itu tadi beberapa Point yang perlu sobat perhatikan guna untuk mengoptimalisasi Blog sobat, apabila sobat ada masukkan atau tambahan terkait postingan ini silahkan tinggalkan komentar di bawah, untuk menambah wawasan teman lain yang mungkin kurang menyadarinya.

Posting Komentar

1. Komentar tidak boleh mengandung SARA dan Pornografi
2. Komentar tidak boleh mengandung SPAM atau promosi yang digunakan hanya untuk kepentingan pribadi semata.
3. Komentar tentang kritik dan saran harus bersifat membangun atau mengkoreksi, bukan untuk maksud menjatuhkan atau mencela.